Jumat, 30 Desember 2011

My Lovely E-Pals

Hallo PELANGI-ku, mau share dikit nih, eh, agak banyak sih..hehe...

Alhamdulillah, tadi malem cukup seru, mulai jam 8-an, menjelaskan sedikit tentang Islam kepada Catali, temen chat dari Ibarra, Ecuador. Dia bilang kalau dia tidak begitu memperhatikan agama, tapi dia juga mengakui kalau dalam hidup ini kita perlu share juga. Ku jawab, "ya tentu, dan sharing yang paling bagus adalah kepada Tuhan". Dia setuju. Yes!!!! Awal yang bagus. Itu tandanya dia berfikir. Lalu kumulai dengan menjelaskan sedikit tentang wudhu, adzan dan sholat. Kutawarkan ebook tentang sholat, dia menyambut dengan semangat. Langsung aja ku kirim. Hitung-hitung buat belajar bahasa Inggris karena ebook itu berbahasa Inggris, sekalian kukirimin flash player tentang cara sholat yang artinya berbahasa Inggris juga.
Kebetulan dia juga sedang belajar bahasa Inggris untuk ujian internasional. Oya, nama lengkap dia adalah Lucía Catalina Quiguango Teran, Catali adalah nama panggilannya. Orangnya baiiikkk banget, dan kalau pingin chatting dia tidak segan-segan menelponku dan juga Mekan. Nah, Mekan adalah temen chatku juga, dia dari Turkey. Dia baik banget, kami bertiga sangat akrab walaupun belum pernah bertemu satu sama lain. Tadi malam adalah chat pertama kami menggunakan skype, biasanya conference dengan QQ aja. Mereka berdua akrab sekali, apalagi bidang mereka sama. Mereka sama-sama programmer. Huaaaa....kalau mereka udah mulai ngomong soal dunia itu, hohoho.....mendingan mundur deh. hehe... habis kayak ada di planet lain aja sih, nggak nyambung. Udah gitu Mekan biasa bilang, "Ok Mufy, you can go". Idiiiihhhh....sebel banget pokoknya. Tapi nggak apa-apa sih, aku tetep setia dengerin mereka ngomong, soalnya aku butuh ngebenerin bahasa Inggris mereka kalau pas ada yang kurang bener.

Oya, upload foto kami bertiga dulu  ah waktu kami conference tadi malem.

Catali, Mekan, and me.

Saat chatting, Ecuador, Catali's time is 11:30 AM, Mekan's time, Turkey, is 6:30 PM, 
dan waktuku udah jam 11:30 malem. huhu... bagus banget, inilah salah satu 
bukti kalau bumi itu bulat.

Seneng banget pokoknya. Oya, Catali itu cuma punya temen muslim 4 orang, dua di antaranya adalah Mekan dan aku. Eh, lupa ngasih tau, Mekan Tekin adalah nama lengkap Mekan. Dia yang paling muda di antara kami bertiga, masih 23 atau 24 tahunan. Sedangkan aku dan Catali seumuran, 28 tahun. Wah, tadi malem bener-bener lucu waktu Catali dan Mekan ngomongin tentang cara pelafalan namaku, Mufy. Mekan bilang /mafi/ dan Catali bilang /mufi/. Habis itu ku kasih tau kalau yang bener Catali. hehe...seneng banget dia. Trus Mekan nanya dia, bagaimana bisa dia berpikir kalau pelafalannya /mufi/, bukan /mafi/. Catali bilang dia pakai pelafalan Spanish, jadi /mufi/, bukan /mafi/. hehe....ternyata sebegitunya ya mikirin namaku. Wah, kalau aku ya nggak sampe ke sana, orang bahasa Spanyol aja nggak bisa. Yah, maklum aja, dia kan bisa bahasa Spanyol, dia juga bisa bahasa Turki, jadi bisa banding-bandingin. Emang bener-bener perlu ya belajar bahasa orang tu, biar nggak ngacau kalau ngomong. Oya, Catali juga pernah ke Turki, 9 bulan yang lalu, jalan-jalan aja. Dia bilang, dia butuh nabung selama 1 tahun untuk bisa jalan-jalan ke Turki. Wuih, lumayan juga ya...hehe.. Enaknya cari beasiswa aja deh buat melancong ^^

Jadi inget ni, tadi malem sebelum kami conference, setelah membahas tentang masalah sholat, Catali bercerita masalah dia, tentang ibunya. Ternyata di balik senyuman dan keceriaannya, bahkan kegilaannya, Catali sangat sedih karena ibunya sedang terkena bone cancer. Dia bilang all bones, jadi seluruh badan, terminal disease. Dia sangat sabar dan selalu berusaha membuat ibunya gembira. Tapi di sisi lain, ternyata dia seperti mengalami trauma, dia tidak ingin punya anak karena takut nanti dia akan merepotkan anaknya kalau dia sudah tua dan sakit-sakitan. Sudah kujelaskan kalau hal itu tidak perlu ditakutkan, dia mengerti dan yakin kalau Tuhan akan memberinya yang terbaik. Tapi dia masih belum pingin punya anak. Yahhhh.....moga aja cepet sadar, dan juga suatu saat Allah kan kasih dia hidayah sehingga dia masuk Islam. Amiin.

Dia mengaku suka dengan Islam. Ada beberapa alasan yang mendasarinya, salah satunya adalah pengalaman dia berteman dengan muslim, walaupun teman muslimnya cuma 4, tapi mereka baik-baik semua. Selain itu, dia sangat suka bahwa dalam Islam semua orang tidak perlu perantara dalam berdo'a, semua langsung berdo'a kepada Tuhan. Maka dari itu dia tertarik dengan islam, tapi memang harus pelan-pelan menyampaikannya. Jangan sampai dia salah paham dan ada kesan kalau dia dipaksa masuk Islam. Karena dalam Al-Qur'an sendiri sudah dijelaskan kalau kita tidak boleh memaksa orang untuk memeluk agama rahmatan lil-'aalamiin ini. Biarlah mereka sadar dan memutuskan sendiri jalan hidup yang kan mereka tempuh, termasuk Catali. menurutku, dia mau belajar tentang islam aja udah suatu yang sangat bagus, apalagi kalau nanti dia convert, subhanallah.

Karena chatting tadi malem, yang selesai sekitar jam 1:30 pagi, badan rasanya pegel. Eh, tapi lebih banyak senengnya sih dari pada pegelnya. hehe...buktinya tadi pagi masih kuat nyuci 2 ember, trus ke pasar, masak, and sarapan bareng Fitri, nama panggilan tuk Fitriyanti Rumfot, temen kos dari Nabire, Papua. Memang bener, lauk yang paling enak tu laper, udah laper, capek lagi. Jadi makan habis banyak banget, hehe...kayak jamak aja, dobel. Padahal nggak ada yang istimewa, cukup nasgor bikinan Fitri sama goreng tempe aja. Subhanallah. Makasih ya Allah, karena badan sehat, lidah tidak sakit, jadi makanan itu terasa sangat enak. Alhamdulillah. Upload juga ah makanan kami tadi pagi, sebagai penutup tahun 2011, nasgor and tempe. 



Hehe... tempat nasgornya aja pakai tempat nyuci sayur, saking kebanyaken nasi. Tapi tetep aja sih....lezattttttt....

Oke deh, cukup sudah nuangin rasa ini. C U my PELANGI.


4 komentar:

  1. Ciertamente mi vocesita no se equivoca Mufy es una chica sorprendente y estoy aprendiendo de ella, Gracias por la retrospectiva de hoy :), y gracias por compartir conmigo me alegra mucho haberte conocido y por eso tambien te agradezco Mekan por presentarmela :D.
    Espero que sigas compartiendo tus blog y me los pases de nuevo jeje, un abrazo!!

    BalasHapus
  2. Tentu saja, aku akan nulis terus, apalagi kalau sedang terlalu banyak pekerjaan. Aduh, pusing. Ya udah, nulis di blog saja. :D

    Terima kasih juga untuk Mekan, yang sudah memperkenalkanku pada Catali.

    Ups, Catali, jangan lupa kirim foto. hehe...

    Ok, my kind e-pals, you can translate my language as I have written it in formal one. :)
    Sorry, Catali taught me that. hehe...she wrote in Spanish and I need to use translator.

    BalasHapus
  3. Cada uno en su idioma nativo XD esa es la regla implícita, la cual apoyo porque así no sale a flote mi insuficiencia en él idioma extranjero jeje

    BalasHapus
  4. hehehehe...... OK, let's leave this page then. Back to the normal language, no other choice but English. Never try to speak Turkish, you and Mekan, when we are having conference as I know nothing about it :(

    BalasHapus